WH Dapat Award Lingkungan dari Presiden

Posted by Lukman On Minggu, 14 Agustus 2011 0 komentar

Terbaik se-Indonesia dalam Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah 2010.
Kinerja Pemerintah Kota Tangerang kembali mendapat apresiasi. Kemarin (7/6), Walikota Tangerang Wahidin Halim menerima award dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas prestasi menyusun status lingkungan hidup daerah 2010 terbaik se-Indonesia. Penghargaan ini merupakan yang kali kedua.

Walikota Wahidin mengungkapkan, dengan diraihnya penghargaan ini, menunjukkan bahwa Kota Tangerang benar-benar concern dan tak main-main dalam hal pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup, serta selalu mengajak masyarakat terlibat di dalamnya. "Penghargaan ini kami dedikasikan untuk masyarakat Kota Tangerang, karena atas partisipasi aktif masyarakat Piala ini bisa diraih," ujar Walikota saat menerima award terbaik SLHD se-Indonesia di Istana Negara Republik Indonesia, Selasa (07/06).

Seperti diketahui, Pemkot Tangerang telah menggulirkan program-program popular terkait masalah lingkungan, diantaranya Kampung Hijau, Green Building, Forum Kota Tangerang Sehat, gerakan Go Green, Gerakan Langit Biru. Dengan adanya program-program tersebut, sarana pendukung kegiatan itu pun turut difasilitasi guna mempermudah dalam pelaksanaannya. Ini merupakan bukti seriusnya Pemkot Tangerang dalam pengelolaan lingkungan.

Lebih lanjut, Walikota menjelaskan diraihnya SLHD ini, karena Pemkot Tangerang telah memenuhi indikator yang telah ditentukan KLH, seperti pengelolaan lingkungan, baik yang berhubungan dengan infrastruktur atau pun kondisi alam. Dimana penilaian di mulai dari tingkat pencemaran, pembuangan limbah dan pengolahannya, penghijauan, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pengelolaan situ."Yang jelas, hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup, PemkotTangerang juaranya," tegasnya.

Adapun sebelum penilaian, ada beberapa hal yang wajib untuk dilakukan Pemkot Tangerang. Dalam hal ini oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH), yaitu dengan membuat sebuah laporan perjalanan lingkungan hidup yang dikerjakan BPLH bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selama satu tahun berjalan yaitu tahun 2010, yang diajukan kepada Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Banten dan akhirnya diteruskan kepada KLH RI.

MenurutWalikota, dalam laporan ini dijabarkan upaya Pemkot Tangerang dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup, baik laporan triwulan atau pun semesterannya, dan inilah yang dinilaioleh KLH. "Karena terstrukturnya laporan dengan baik dan realisasi dilapangan juga sesuai dengan laporan, maka Pemkot Tangerang berhasil meraih predikat SLHD terbaik se- Indonesia ini," paparnya sambil menambahkan bahwa Pemkot Tangerang juga telah meraih penghargaan di bidang lingkungan lainnya seperti Adipura serta Adiwiyata yang diraih SMPN 13 Kota Tangerang sebagai juara tingkat nasional.

Walikota kembali menyampaikan, penghargaan demi penghargaan yang selalu diraih Kota Tangerang, tak lain sebagai hasil kerja keras dan solidnya kerjasama antar SKPD maupun masyarakat yang ada di Kota Tangerang. "Ini adalah keberhasilan Pemkot dan masyarakat Kota Tangerang, penghargaan ini merupakan sebuah semangat untuk lebih membangun kota akhlakul karimah lebih hijau, bersih sesuai dengan nilai-nilai agama. Peduli lingkungan, akan selalu tercermin dari masyarakat Kota Tangerang," pungkasnya.

Kepala Bidang Pemantauan dan Pemulihan Kualitas Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang Dadang Basuki mengatakan, tahun 2008 lalu Pemkot Tangerang juga memperoleh penghargaan yang sama. Namun tahun 2009 tidak dapat karena tidak diusulkan pemerintah provinsi ke KLH.

Dadang menjelaskan, dari laporan status lingkungan hidup daerah (SLHD) tahun 2010 terdapat dua buku besar. Pertama adalah buku yang berisikan data-data dan yang kedua adalah buku analisis."Data yang kita sajikan lengkap. Dengan analisisnya juga nyambung. Dengan begitu nilai kita tinggi," kata Dadang.



0 komentar: